Pages

Selasa, 14 Desember 2010

Tugas 2 (Bencana Alam di Wasior)

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyusun makalah ini dengan selesai. Dalam kesempatan ini penulis menyusun makalah dengan mengambil tema yaitu “Bencana Alam di Wasior”.
Kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah banyak membantu kami agar dapat menyelesaikan makalah ini. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang secara tidak langsung telah membantu kami dalam penyusunan makalah ini. Kami yakin tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, karya tulis ini tidak akan terwujud.
Penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua yang membutuhkannya, Amin.




Depok, 14 Desember 2010

Penulis





Daftar Isi

Kata Pengantar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Daftar Isi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Bab I Pendahuluan
I.1. Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
I.2. Rumusan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
I.3. Tujuan Makalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Bab II Pembahasan
II.1. Bencana Wasior. . . . . . . . . . . . . . . . . .
II.2. Korban yang tewas dalam Bencana Wasior. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Bab III Penutup
III.1. Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
III.2. Saran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Daftar Pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .


Bab I Pendahuluan

I.1. Latar Belakang
Secara geologis letak wilayah Indonesia yang dilalui oleh dua jalur pegunungan muda dunia yaitu Pegunungan Mediterania di sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur menyebabkan Indonesia banyak memiliki gunung api yang aktif dan rawan terjadi bencana. Bencana alam yang sering terjadi di wilayah Indonesia antara lain : banjir, kemarau panjang, tsunami, gempa bumi, gunung berapi dan tanah longsor.

I.2.RumusanMasalah
Dari latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan permasalahan masalah sebagai berikut :
1. Korban yang tewas dalam Bencana Wasior.
2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi

I.3. Tujuan penulisan
Meningkatkan kesadaran tentang terapan hubungan sosial masyarakat yang dapat bermanfaat serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat.

Bab II Pembahasan
II.1. Bencana Wasior
Kita tentunya sedih dan prihatin dengan terjadinya bencana Wasior di Papua Barat ini. Hal ini di akibatkan oleh kerusakan hutan di kawasan Kabupaten Teluk Wondama dan sekitar 30-40 persen hutan di kawasan Hutan Suaka Alam Gunung Wondiboi dan kawasan Taman Nasional Laut Teruk Cenderawasih mengalami alih fungsi. Akibatnya, Kali Angris dan Kali Kiot meluap dan membawa bencana bagi Wasior. Reformasi telah bergulir 12 tahun tentunya keadaan dan kehidupan di Indonesia semakin baik dan terarah termasuk alam lingkungan hutan di Indonesia terjaga dengan baik. Tidak ada lagi pencurian kayu, ilegal logging, perambahan hutan, pencemaran dan perusakan lingkungan.

II.2. Korban yang tewas dalam Bencana Wasior
Korban akibat bencana banjir bandang di Wasior, Papua Barat, terus bertambah. Hingga sekarang ini, korban tewas yang berhasil ditemukan mencapai 134 orang. Warga menjelaskan, korban tewas yang berhasil ditemukan terdiri 105 orang ditambah 29 orang yang dinyatakan hilang sebelumnya dilaporkan sudah ditemukan dengan kondisi telah meninggal dunia. Sehingga, total korban tewas mencapai 134 orang.
Warga sangat membutuhkan pasokan air mineral dan bahan makanan. Sumber air rusak, MCK rusak, rumah rusak berat, sehingga butuh air mineral, sanitasi, dan pangan akibat sebagian besar toko tutup karena banyak pengusaha yang mengungsi ke Manokwari.
Bantuan terus mengalir namun terkendala transportasi. PMI masih melakukan kegiatan pendataan dan mulai mendistribusikan logistik berupa familykid 250,babykit 90.
Seperti diketahui, banjir bandang di Papua Barat terjadi pada Senin 4 Oktober 2010 sekira pukul 06.00 WIT. Lokasi kejadian terletak di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat di mana lokasi yang terkena dampak yaitu Wasior I, Wasior II, Rado, Moru, Maniwak, Manggurai, Wondamawi, dan Wondiboy.

Bab III Penutup

III.1.Kesimpulan
Berdasarkan makalah yang telah dibuat, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa bencana alam akan datang tanpa kita ketahui. Sebagai sesama makhluk ciptaan Allah SWT, alangkah baiknya kita menolong saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah.
III.2. Saran
Lestarikan alam dengan sebaik mungkin dan buanglah sampah pada tempatnya.

Daftar Pustaka
http://news.okezone.com/read/2010/10/09/340/380736/korban-tewas-bencana-wasior-jadi-134-orang
iklimkarbon.com/.../walhi-bencana-wasior-disebabkan-kerusakan-hutan/
http://medicastore.com/artikel/295/index.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Gundam

Kursor